Selasa, 03 Juli 2012

Kisah Kinara Kinari




Kinara Kinari


Kinara – kinari merupakan makhluk kahyangan yang berwujud setengah manusia setengah burung. Dalam kehidupan di kahyangan, mereka bertugas selain sebagai penjaga kalpataru juga sebagai seniman-seniman kahyangan yang memberikan pertunjukan-pertunjukan kesenian di istana kahyangan. Pada beberapa relief lepas (tanpa ada kaitan cerita), mereka digambarkan sedang memainkan beberapa instrumen musik.


Pada bagian kaki candi siwa di kompler Candi Prambanan di bagian luar terdapat motif hias khas Prambanan yang berupa sebuah arca singa dalam relung yang diapit oleh kalpataru ataukalpawrksa (pohon hayat), yang pada kiri kanan-nya dijaga oleh kinara-kinari.


Kalpataru atau kalpawrksa adalah pohon kahyangan, hidup sepanjang masa, tempat menggantungkan segala asa. Pada dahan-dahannya digambarkan berjuntai berbagai macam perhiasan yang indah-indah, sehingga harus dijaga oleh makhluk-makhluk kahyangan kinara. Karena simbolisme itulah maka kalpataru dipilih sebagai lambang atau simbol dari hadiah tahunan yang diberikan oleh pemerintah kepada mereka yang telah bekerja dengan keras sehingga alam lingkungan dengan segala aspeknya yang ada dapat terpelihara dengan baik, sehingga mampu lestari dan diharapkan bertahan sepanjang masa sebagaimana kalpataru.


________________________________________________________________


Apa Persamaan dan Perbedaan Harpy dan Kinara Kinari ?



Kinara Kinari

Persamaan terdapat pada wujud mereka yang manusia setengah burung. namun Kinara yang berjenis kelamin Laki laki dan Kinari yang berjenis kelamin Wanita. Mereka berasal dari mitologi hindu, dan menyebar sampai ke Indonesia. Dan mereka adalah seniman Kahyangan.




Harpy
Dalam mitologi YunaniHarpi (si perenggut) adalah makhluk legenda yang bersayap, dilukiskan sebagai makhluk berwujud setengah wanita setengah burung yang cantik. Harpi terkenal sebagai si perenggut dalam kisah raja Fineas.
Para Harpi adalah saudara dari Iris, putri dari Tifon dan Ekhidna. Ada dua Harpy, yaitu Aillo dan Okipites. Walaupun ada juga pendapat yang mengatakan bahwa ada Harpi ketiga.
(Sumber : Wikipedia)

3 komentar:

  1. Makasihh... infonya berguna lhoo..

    BalasHapus
  2. terimakasih sudah berbagi. infonya sangat membantu. izin kutip buat tugas yaaa... :)

    BalasHapus
  3. hallo kak, informasinya sangat membantu sekali, kebetulan saya mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir dengan kinara-kinari sebagai objeknya kak. boleh kah saya bertanya-tanya lagi tentang kinara-kinari kak? jika boleh saya mohon untuk meminta kontaknya kak :D

    BalasHapus